Halaman

Senin, 06 Februari 2012

Sebuah Pengabdian Untuk Ilmu

Hai hai... Lama tak bersua, hahahaha (teu penting)

By the way, hari ini adalah Senin pertama saya di perkuliahan semester dua. Ada dua matkul, 4 sks dan perkuliahan dimulai jam 7 pagi. Rasanya males sekaligus penasaran sama matkul-matkul baru di semester dua. Lebih menantang kayaknya, karena udah mulai mendalami ilmu-ilmu biologi.
Matkul pertama, Pengetahuan Lingkungan.
Dari 3 dosen yang dateng saya tertarik sama Pak Soewoto. Beliau keliatannya udah berumur, tapi waktu menyampaikan kuliah, suaranya masih keras, ucapannya masih jelas dan materi yang disampaikan juga gak bertele-tele dan gampang dicerna.
Saya jadi keinget sama Pak Nono Sutarno. Beliau ini adalah dosen Biologi Umum saya di semester satu. Tapi karena serangan stroke yang beliau alami, selama satu semester saya gak kuliah Biologi Umum sama beliau. Saya penasaran banget, soalnya menurut kakak tingkat, cara mengajar beliau rame. Orangnya suka bercanda dan kuliahnya pun gampang dipahami.

Dan hari Kamis sebelumnya, teh Nindya cerita. Katanya Pak Nono dateng ke kampus. Beliau pake kursi roda, didorong sama satpam JICA dan beberapa dosen Biologi selama ada di kampus. Dan beliau juga masuk ke kelas mahasiswa 2009, ngajar di sana. Begitu beliau masuk kelas, seisi ruangan langsung speechless. Dan tepuk tangan terdengar. "Pada nangis," kata Teh Nindya. Udah pasti, semuanya kagum sama kemauan beliau untuk dateng ke kampus dan memberikan kuliah walaupun keadaannya lagi seperti itu.

Saya jadi makin penasaran sama beliau. Dan sekitar beberapa menit sebelum kuliah pengling selesai, pintu ruangan e-405 kebuka. Satpam yang ngebuka. Dan sepintas saya ngeliat kursi roda di balik pintu. Saya langsung ngeh. Itu Pak Nono!

"Zah, Zah, Pak Nono, Zah!" saya bilang ke Zahra yang duduk di sebelah saya.

Bener aja. Begitu pintu terbuka, terlihat sosok berambut putih, berkacamata dan berbatik cokelat duduk di kursi rodanya.
Pak Oto langsung nyamperin Pak Nono dan beliau pun masuk ke ruang kuliah saya. Mereka berdua keliatan saling sapa dan asyik ngobrol. Kelas saya dianggurin sekitar 10 menit. Hahahahaha :P

Pak Oto ngobrol sama Pak Nono di depan kelas


Pak Nono keliatannya seger. Walaupun, kalau saya gak salah, tubuh sebelah kirinya keliatannya lumpuh.
Terus beliau nanya ke kita, "Ini kelas Zooin (Zoologi Invertebrata), kan?"
"IYAAAA..."

Dan beliau pun ngobrol-ngobrol lagi sama dosen-dosen yang ada di sana. Terus dateng Ibu-Ibu pake baju warna-warni.
"Kayanya ini istrinya deh," saya sotoy. Dan ternyata bener! Gak lama dateng juga anaknya yang cowok. Keren, keluarganya ikut dateng ke kampus, ngedukung Pak Nono untuk ngasih kuliah buat kita. Dan itu sukses bikin saya terkagum-kagum.

Beliau pun didorong ke tengah kelas sama Bu Amy dan mulai mengutak-atik laptop yang udah disiapin di atas meja. Beruntung banget saya duduk di bangku paling depan *cough*rajin*cough* jadi saya bisa ambil beberapa foto beliau yang lagi asyik ngajar secara candid.

Serius utak-atik laptop

Beliau pun mulai ngajar materi Zooin dengan fasihnya. Sesekali bercanda. Bikin seisi kelas ketawa. Dan sering ngancem nilai Biologi Umum kita diturunin kalau gak bisa ngejawab pertanyaan beliau tentang Invertebrata. Ahahahaha =.=a

Lagi ngasih materi

Lagi asyik-asyik kuliah, saya ngeliat posisi duduk beliau udah gak enak. Agak merosot dan belaiu pun keliatan gak nyaman sama duduknya. Tapi karena tangan kiri berliau gak bisa gerak, beliau juga keliatan susah untuk benerin posisi duduknya. Saya udah takut aja beliau merosot beneran dan jatuh dari kursi.

"Shel, Shel, takut Pak Nono jatuh ih, duduknya merosot gitu," kata saya ke Shelly.

Gak lama setelah saya ngomong gitu, beneran aja, Pak Nono yang lagi nyoba untuk majuin posisi duduknya, malah hampir jatoh. Seisi kelas langsung pada kaget. Dan Delia sama Iha yang duduknya paling depan dan deket sama Pak Nono langsung kayak loncat dari kursi mereka, buru-buru megangin kursi roda Bapak yang mundur ke belakang. Untungnya Pak Nono masih bisa nahan badannya dan dosen satu lagi (lupa siapa namanya) langsung sigap nahan badan Bapak supaya gak jatuh. Bu Amy langsung buru-buru keluar kelas dan manggil anaknya Bapak untuk bantuin beliau. Setelah anaknya dateng dan benerin posisi duduk Bapak supaya nyaman dan aman lagi, beliau malah bercanda.

"Terima kasih ya, yang bantuin saya. Tapi bukan berarti saya jamin Zooin kalian lulus, ya?"

Seisi kelas langsung ketawa. Antara kalimat bapak yang bodor dan ketawa lega karena beliau gak kenapa-kenapa. Aduh, Bapak... Bikin kami khawatir... Untung gak apa-apa ya, Pak...

Kayanya beliau sengaja bercanda untuk mencairkan suasana yang tegang karena kejadian tadi. Dan kuliah pun dilanjut kembali. Duh, saya ini kan cengeng. Mata udah berkaca-kaca. Terharu banget sama Pak Nono yang dengan gigihnya masih keukeuh untuk ngajar di kampus walaupun dalam keadaan kurang sehat seperti itu.



Kuliah hari ini bikin saya banyak merenung di rumah.
Pak Nono, dengan segala keterbatasan geraknya, toh masih aja semangat dateng ke kampus dan mengamalkan ilmu yang beliau punya untuk para mahasiswanya. Begitu juga dengan Pak Yusuf Hilmi yang kondisi kesehatannya kurang baik ketika ngajar Filsafat Sains di semester satu, tapi tetap datang ke kampus untuk memberikan ilmu yang beliau punya. Dan Pak Eman yang di usia sangat senjanya masih tetap setia ikut kuliah lapangan dan selalu bertopi lapangan setiap ke kampus.
Serta dosen-dosen lain yang dengan segala keterbatasan mereka, masih tetap semangat dalam memberikan materi perkuliahan untuk mahasiswanya yang kadang ogah-ogahan.
Mereka ini adalah contoh sebuah pengabdian yang gak bisa diukur dari hanya sekedar beberapa hari di sebuah desa terpencil. Pengabdian sejati. Pengabdian untuk ilmu. Pengamalan dari ilmu yang bermanfaat.

Sedangkan saya?
Yang masih muda dan sehat pula...
Seriiiiiiing banget yang namanya males untuk sekedar bangun pagi karena kuliah jam tujuh. Sering ngeluh ini itu. Sering kesel karena dosen yang cara ngajarnya gak sesuai dengan keinginan. Dan seribu sering dengan konotasi negatif lainnya.

Saya ingin sekali seperti beliau-beliau di atas. Bisa totalitas dalam melakukan tugas dan kewajiban saya. Walaupun hanya belajar, saya ingin bisa memberikan sebuah pengabdian saya. Untuk bangsa, untuk negara, untuk almamater, untuk keluarga dan terutama untuk Tuhan.
Doakan saya, ya :)

Dan teruntuk para dosen yang luar biasa di atas, saya hanya bisa mendoakan semoga kesehatan dan semangat tak pernah terlepas dari hati beliau-beliau ini :) aamiin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar