Minggu, 10 Maret 2013

Seblak Basah


Akhir-akhir ini, makanan khas Jawa Barat yang satu ini kayanya lagi bekeeeen banget (atau cuma saya aja yang maniak seblak makanya kemana-mana nemunya seblak?). Buat yang belum tau apa itu seblak.... PLIS DEH, HAREEE GENEEEE??!! *menyebalkan, tampar!*

Karena males nulis sumber, saya screen-capture aja yee.
Abaikan mamang-mamang yang lagi bikin seblak itu, dia
manusia, bukan seblak!

Jadi gini yah bapak-bapak ibu-ibu... Seblak itu adalah nama makanan yang terbuat dari kerupuk mentah yang direbus terus ditumis deh sama bumbu-bumbu. Konon asalnya ini dari Garut. Iya gitu? Eh... Kurang ngerti juga sih siapa orang jenius yang menciptakan makanan ini. Kalau tahu saya pasti bakal ngasih beliau cinta yang tiada tara sampai akhir hayat hiks... *srooot, sedot ingus* (apalagi kalau orangnya ganteng)

Bagi yang belum tau dan belum nyoba pasti pas ngeliat or even only wondering penampakannya si seblak ini akan mengkerung[1]kan kening, membelalakan mata, menatap sinis dan kemudian berkata, “Apaan tuuuh? Iyuh iyuh!”

Tapi semua reaksi ala sinetron putih abu-abu itu akan berubah setelah merasakan kegeunyal[2]an makanan unik satu ini. Rasa pedasnya niscaya akan membuat siapa saja bercucuran air mata (iye, kalau seblaknya pake cabe rawit 1 kg).

Sebenernya seblak basah ini gak beda jauh dari seblak kering yang juga dijual oleh beberapa merk kerupuk pedas yang udah terkenal (saya gak bilang Ma Icih lho, ya~). Hanya aja tampilan seblak basah ini lebih.... basah.... (ya menurut lo, Rin?!)

Seblak basah belakangan sudah banyak mengalami modifikasi. Mulai dari jenis bahan dasar yang dipakai (mulai bervariasi dari cuma kerupuk jadi kwetiau, makaroni, ceker ayam, dll), bahan pelengkap (yang paling asli banget gak pake apa-apa dan sekarang udah pake macem-macem kayak misalnya telur, bakso, sosis, dll), hingga bumbu yang diramu (ada yang pake bawang merah ada yang enggak, ada yang pake tomat/daun bawang tapi ada juga yang gak).

Versi aslinya sih, sepertinya hanya berupa kerupuk sumber sari (yang warnanya orens itu loh, yang biasa dipake buat pelengkap bubur, nasi kuning, kupat tahu, dll) yang ditumis pake campuran ulekan bawang putih, kencur/cikur, cengek (cabai rawit) dan garam+gula. Sepertinya ketika seblak basah ini mulai banyak digandrungi ditambahlah telur sebagai pelengkapnya yang membuat rasa seblak basah ini lebih enak (ya iyalaaah pake telor apa yang gak enak *sewot*).

Nah, setelah makin lama makin terkenal, ditambahlah bahan dasar seblak dan pelengkap lainnya untuk dimodifikasikan sehingga muncul seblak kwetiau, seblak makaroni, seblak ceker, seblak mie, seblak basreng dan seblak wajan sama emang-emangnya juga kayanya ada deh...

Kerupuk sumber sari aja udah banyak diganti pake kerupuk lain. Biasanya sih pake kerupuk yang warna-warni itu. Tapi menurut saya tetep aja yang paling maknyus, hau ce ting ting ting dan lazis adalah kerupuk sumber sari. Kenapa ya? Entahlah... Mungkin emang bawaan janin (lho? lho?! LHO?!) #abaikan

Buat yang belum tahu kerupuk sumber sari ataupun seblak, monggo disearch di om gugel. Dengan kata kunci ‘kerupuk sumber sari’ pun pasti akan terbayang seblak itu kaya apa karena pas saya coba ternyata si gambar kerupuk sumber sari di google rata-rata udah berupa versi mateng alias seblak. 

By the way, entah kenapa di antara gambar-gambar kerupuk dan seblak itu ada foto Reza Rahadian nampang di depan poster film Perahu Kertas. Saya juga gak tahu kenapa dia muncul di antara hamparan kerupuk dan seblak karena jelas-jelas mukanya gak mirip sama seblak/kerupuk atau mamang-mamang yang jualan seblak/kerupuk.


Rezanya aja kebingungan kenapa dia nyasar
di situ

Siapapun yang pengen tau kandungan gizi dari makanan ini, sebaiknya JANGAN MAU TAHU! Selain gak tau, saya juga gak mau ngungkit-ngungkit hal yang bikin perasaan bersalah. Secara cuma kerupuk gitu... Tapiiii gini-gini seblak jelas jauh lebih mending daripada kerupuk yang digoreng karena penggunaan minyaknya lebih sedikit daripada kerupuk goreng. Ini menurut dosen ilmu gizi saya, lho~ Yah jelaslah begitu dosen saya bilang begitu para pencinta seblak di kelas langsung bersorak kegirangan, salto, dan lompat harimau dengan iringan lagu “We are The Champion”...

Anyway, saya sering banget bikin seblak basah. Tapi saya gak tau resep pastinya kaya apa karena saya biasanya pake bumbu suka-suka dan berdasarkan feeling + mood. Tapi saya teteup mau posting resepnya yaa siapa tau ada yang tersesat ke blog ini dan secara tidak sadar menggunakan resep saya hihihi...

Okey, ini resep Seblak Basah ala Arini~ semoga gak sakit perut


SEBLAK BASAH
(Mohon maaf gak ada fotonya karena terakhir bikin gak difoto)

Alat:
-        Wajan
-        Spatula
-        Ulekan (bisa dipakai untuk menjitak siapa saja yang mengganggu ketika proses memasak tengah berlangsung)

Bahan:
-        Kerupuk sumber sari 1 ons
-        Telur 1 butir (bisa diganti/ditambah sosis, bakso, sayur, dll sesuai selera)
-        Bawang putih 3 siung
-        Bawang merah 2 siung (banyak yang gak pake ini, tapi saya sih suka)
-        Kencur/Cikur 1 ruas jari (saya biasanya pake agak banyak karena aromanya jadi endeees kalau cikurnya banyak)
-        Cabai rawit sesuai selera (3 buah yang merah-merah udah cukup pedes kok, tapi kalau pengen sakit perut sampai besok paginya boleh ditambah jadi 10 buah)
-        Garam dan gula secukupnya
-        Penyedap (bisa pake atau gak, tergantung pengen jadi bodo atau enggak #PLAAAAK)
-        Air secukupnya (boleh agak banyak kalau pingin seblaknya agak berkuah)
-        Minyak

Cara masak:
1.    Rendam kerupuk sumber sari di air bersuhu biasa (suhu kamar). Banyak yang menyarankan direbus. Saya juga dulu gitu sih, sampai saya menemukan kenyataan bahwa kalau direbus maka kerupuknya akan lengket-lengket geje dan mengurangi kemaknyusan seblak. Yah, ini mah sesuai selera aja, tapi saya sukanya direndem gitu aja di air biasa.
2.    Sambil menunggu kerupuk lembek, siapkan bumbunya. Caranya ulek bawang merah, bawang putih, kencur dan cengek sampai halus. Kalau saya sih nyiapin bumbu ini rada-rada lama karena belum ngupasnya, jadi pas bumbu beres, kerupukpun biasanya udah lembek dan siap masak.
3.    Nah, sekarang panaskan wajan. Apinya boleh besar. Kalau udah panas kecilin dikit terus tuang minyak. Setelah minyak dan wajan sama-sama panas seperti cintaku padamu, masukkan bumbu seblak. Tumis mis tumis sampai haruuuum~ Jangan lupa ini bumbunya harus mateng TAPI GAK BOLEH SAMPAI GOSONG YAAA *cukup sewot, karena pengalaman yang sering terjadi demikian*
4.    Kalau udah wangi, masukin telur. Telurnya cukup satu aja buat seblak seons, tapi kalau gak punya kecenderungan bisul, boleh deh ditambah. Orak-arik deh telurnya...
5.    Masukkan air. Mau airnya banyak atau sedikit, pokonya air harus mendidih ya~ Jangan lupa si garam, gula dan bumbu penyedap dimasukkin ke sini. Silakan diicip-icip sampai terasa pas di lidah. Inget, icip-icip jangan kebanyakan karena gak lucu kalau bumbunya abis duluan sedangkan kerupuknya dimasukin aja belum.
6.    Kalau air udah mendidih, masukkan kerupuknya. Inget! Air bekas ngerendem kerupuknya jangan ikut dimasukin ya, karena bisa ngerusak rasa seblaknya. Nah, sekarang tinggal dimasak sesuai selera deh. Kalau mau seblaknya basah doang, masukin airnya tadi jangan banyak-banyak ya, jadi tinggal tunggu bentar trus matiin api kompor. Kalau mau berkuah, airnya rada banyak dan jangan dimasak sampai abis banget airnya.
7.    Setelah matang, tinggal disajiin deh. Tada~~~~~~~~~~~

Gimana? Gampang kaaaaan?! Mihihihi...
Saking gampangnya, kalau di rumah saya bisanya cuma masak ini doang dan diledekin papa. Katanya saya gak bisa masak yang lain selain seblak. Walaupun itu kenyataan tapi kan tetep aja....... *diem di pojok ruang dapur yang gelap*

Untuk bumbu, jenis kerupuk atau pelengkap mangga dimodif sesuai suasana hati karena selera orang kan beda-beda yaa... Kalau saya sih sukanya yang seperti di atas tadi :)

Okaaay, selamat mencoba yaaaa, semoga lancar memasak seblak basah ini walaupun saya tahu mungkin berat mencoba untuk yang pertama kalinya, tapi kalian jangan cepat menyerah ya.... *susut air mata* *melambaikan sapu tangan*

Adios, amigos!



[1] Kerung (bahasa Sunda): mengernyit
[2] Geunyal (bahasa Sunda): kenyal

17 komentar:

  1. kayaknya enaak nih haha yummy :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget looooh hehehe *secara saya pecinta seblak*

      Hapus
  2. JAdi pengen vepet2 masak seblak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayoo dicoba, tapi ati-ati entar ketagihan :D

      Hapus
  3. thanks bgt resep'a,,
    blog'a cakep dech,, ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ^^
      Aaah terima kasih hehe jadi malu :p

      Hapus
  4. haha ,, jadi pengen nyoba masak sendiri drpd beliiiiii =D kualias terjaminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya bener bangeeeet mengurangi kemungkinan kebanyakan vetsin atau kualitas bahan yang kurang oke :D

      Hapus
  5. Haaaa..kocak Amat Post nya..ziahhhh Pake Ada yg di bawang merahin segala.."nepak taar"..tpi Post nya Top..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha geje mungkin ya bukan kocak :p
      iyaa saya sih sukanya pake bawang merah, wanginya lebih gimana gitu hehehe
      thanks udah baca dan komen :D

      Hapus
  6. Keren, btw kerupuknya kerupk aci yang biasa aja ato boleh pake kerupuk udang yah? & kerupuk ny uda di goreng sblum nya ato mentah? Makaasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru dibales komennya >.<
      kalau aku biasanya pake kerupuk aci biasa. mungkin bisa pake kerupuk udang cuma nanti kayanya rada amis seblaknya.
      kerupuknya yang mentah, terus direndem aja. kalau digoreng dulu nanti jadinya seblak kering hehehe :D
      sama-sama, makasih juga udah baca dan komen :)

      Hapus
  7. Hehehee postingannya kocak tapi saya suka share resepnya. Makasih ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe terima kasih ^^ abaikan saja ya itu kegejean di penulisan :p semoga resepnya manfaat

      Hapus
  8. Pas banget abis makan jajanan seblak basah di SD daerah Ciledug, Tangerang, nemu postingan kak arini tntg seblak basah ini jadi kepengen bikin sendiri. Trnyata bahanny simple banget kak. Kapan" mw nyoba bikin ahh kak hehe, aku jg jadi suka seblak basah ini. Makasih infonya ya kak Arini cantik. #sambil doa berharap dikirimin seblak basah dari kak arini hahahaha

    BalasHapus
  9. Ngga terlalu suka seblak sih, lebih suka sama yg nge-postnya, hadehhh

    BalasHapus