Halaman

Minggu, 11 September 2011

Dunia kuliah dan perbedaan dengan SMA versi Arini a.k.a. Arinyo

Setelah kuliah selama seminggu, akhirnya aku ngerasain yang namanya capek akibat kuliah.. Haha lebay banget, baru juga seminggu dan udah ngerasa 'capek'?
Yah mungkin bukan hanya capek fisik karena jarak rumah-kampus yang jauh.. tapi juga capek mental karena harus adaptasi dan cukup kaget dgn beberapa perubahan dari dunia sekolah, maupun perubahan dari masa 'nganggur' yang dua bulan lebih itu...

Bayangin aja, biasa tidur malem, bangun siang, leyeh-leyeh di rumah, digantikan dengan... tidur lebih cepet, bangun lebih pagi, dan jalan kaki di bawah terik matahari menuju gedung fakultas yang HU-WOW sangat jauh dari tempat turun angkot.

Di hari pertama udah dapet 2 tugas, satu mandiri, satu kelompok. Di kampus sih rasanya pengen cepet-cepet ngerjain tugas itu. Tapi pas sampe rumah... perasaan itu bagai hilang tertiup angin.

Kok bisa? Gini kronologinya pada malam di hari pertama...

Pulang >> Makan >> Mandi >> Buka laptop >> cek twitter, fb, ym, tumblr, wordpress, dan tentu saja blogspot >> keasyikan ngehedon di dunia maya >> liat jam udah jam 10 malem, besok kuliah siang >> yawdah, ngerjain tugasnya besok pagi, skrg hedon lagi aja >> liat jam 12 malem >> tidur dengan pikiran kalau besok masih ada waktu >> bangun siang >> sarapan sambil nonton spongbob >> liat jam, udah jam 9 >> mandi, siap-siap ngampus >> sama sekali gak inget niat ngerjain tugas semalem >> it MEANS gajadi ngerjain tugas

daaaaaaaaan itu terjadi setiap hari sampai di hari Jumat aku sadar, kalau gak ngerjain tugasnya sekarang, mau kapan?!
Inget resolusi dunia kuliah, kerjain tugas tepat waktu, gak ngahuleng alias bengong doang di kelas, gak ngantuk ataupun nyentuh HP di kelas dan gak ngobrol + dengering apa penjelasan dosen.
Kenyataannyaaaaaaaaaaa...
Kenyataannya apa nyo? Di kelas fisika aku terkantuk-kantuk dan gak konsen karena lapar (ngantuk + laper + fisika + duduk di bagian belakang = BAD IDEA)
Di kelas filsafat sains aku ngobrol sambil gambar-gambar di kertas binder sama temen2ku
Dan ngerjain tugas hari SENIN di hari JUMAT
Yang tercapai cuma satu, gak buka hp. Entah kenapa aku takut ketauan. 

Iya aku tau, mungkin ini masih euforiaku sbg mahasiswa baru, ingin semuanya serba rapi, teliti, terarah dan tepat waktu. Pasti banyak yang ngomentarin, ah ntar udah tingkat akhir mah, boro-boro mikir kaya gini. Cuma aku emang pengen ngerubah mind-set kaya gitu. Pokonya aku HARUS berubah. Aku ingin lulus cepet, terus ngebanggain dan ngebahagiain orang tua. Aku gak pengen jadi salah satu mahasiswa yang ngenes kaya di fym #ups. Bukannya gimana yah, cuma aku ingin merubah pikiran orang kalau kuliah itu sulit, ngenes dsb. Mahasiswa juga bisa bahagia tapi tetap lulus cepet! *amin*

Okay, lanjut tentang dunia kuliah. Di sini juga aku mulai nyeplos, "Ooh... ini toh yang namanya kuliah..."
Sepertinya karena aku masih menganggap kuliah = SMA, tapi yang ngajar dosen dan belajar lebih mandiri, jamnya gak tentu dan bisa rubah, temen-temen + gedung yang ganti aku jadi kaget karena ternyata banyak hal-hal kecil yang bikin aku sadar kalau kuliah sama SMA itu beda banget.

Berikut adalah perbedaan SMA dan kuliah... versi aku yah hahaha...

1. Di SMA: mau ke WC? Izin dulu ke guru yang bersangkutan. Itupun kalau diizinin, dan kalau berani minta izin ke guru yang aura killernya bikin nafsu makan ilang.
Di kuliah: mau ke WC? keluar dari kursi, jalan ke pintu ke belakang, jalan ke WC, balik ke kelas. Minta izin gak sama dosennya? Ooohh tentu tidak...
2. Di SMA: guru terangin materi, dicatet di papan atau pake presentasi. Heh, kamu, catet, catet... Mana catetan kamu?
Di kuliah: dosen terangin materi, ngomong doang tapi pake presentasi. Mau nyatet? Ya silahkan, tapi udah ada print out-nya toh... Minta aja ke kakak tingkat..
3. Di SMA: gambar-gambar gak jelas di buku catetan. Guru dateng nyamperin bangku. Mana CATETAN KAMUH?! *murka*
Di kuliah: gambar-gambar gak jelas di binder. Dosen cuek aja ngomong depan kelas. Asal apa? Asal kalau ditanya harus bisa jawab. Dan kalau ujian harus dapet A. Gak ada ceritanya dosen ngehampirin mahasiswa cuma buat ngecek dia nyatet kuliahnya atau enggak.
4. Di SMA: tugas kumpulin yah minggu depan. Gak ngumpulin? Damprat abis-abisan. Dipanggilin berulang kali kalau tugas ga ngumpul juga. Pas liat rapot, nyengir. Gak ngerjain tugas kok nilainya sama kayak yang ngerjain.
Di kuliah: tugas kumpulin yah minggu depan. Gak ngumpulin? Yaah, gak apa-apa. Dosen lempeng aja tuh. Pas liat IPK baru nelen ludah. Terjun bebas.

Perbedaan versi aku ini subjektif banget dan gak pukul rata ke semua SMA dan jenjang kuliah lainnya. Ini juga cuma kukutip dari beberapa pengalamanku di SMA dan cuma beberapa kebiasaan dosen di kampusku, gak semuanya. Aku juga baru seminggu jadi mahasiswa :)) Tapi kira-kira itulah yang bisa kutangkep dari bedanya dunia SMA dan Kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar